Silabus Pendidikan Agama Islam SD Kurikulum 2013 Revisi 2016

Silabus Pendidikan Agama Islam SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 - Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang merupakan pendidikan yang secara mendasar menumbuhkankembangkan akhlak atau budi pekerti para peserta didik melalui pembiasaan dan pengalaman ajaran Agama secara menyeluruh. Oleh karena itu, pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas pada kegiatan intrakulikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepajang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladaan dan pembudayaan untuk mengembangkan karakter peserta didikl. 

Sekolah sebagai taman yang menyenangkan untuk menumbuhkan perkembangan pengetahuan, ketermpilan dan sikap siswa yang menempatkan pengetahuan sebagai perilaku tidak hanya berupa hafalan atau verbal. Pendidikan Agama dan budi pekerti merupakan pendidikan yang di tujukan untuk :

  • Membentuk manusia indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Yang maha Kuasa, Allah Swt, serta berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhu (Hubungan manusia dengan Allah Swt)

  • Menghargai, menghormati dan mengembangkan potensi diri yang berlandaskan pada nilai-nilai keimanan dan ketakwaan (Hubungan manusia dengan diri sindiri)

  • Menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama serta menumbuh kembangkan akhlak mulia dan budi pekerti luhur (Hubungan manusia dengan sesama)

  • Penyesuaian mental keislaman terhadap lingkungan fisi dan sosial (Hubungan manusia dengan lingkungan alam)

Berdasarkan pada prinsip diatas, maka pendidikan agama isalam dan budi pekerti sebagai suatu mata pelajaran yang diberikan pada jenjang sekolah SD SMP SMA dan SMK sederajat, baik itu yang bersifat Kokurikuler maupun ekstrakurikuler. Dari kompetensi, materi dan pembelajaran Agama dan budi pekerti dikembangkan melalui pertimbangan kepentingan hidup bersama secara damai dan harmonis (To Live Together In Peace and Harmony).

Berikut ini dibawah kami sajikan kehadapan rekan guru pengunjung yaitu Silabus Pendidikan Agama (PAI), Pendidikan Agama Katholik, pendidikan Agama Kristern, Pendidikan Agama Hindu, Pendidikan Agama budha, dan pendidikan agama konghuchu. Jadi untuk rekan guru yang mengajar di sekolah Dasar yang ingin mendownload silabus kurikulum 2013 dapat mendownloadnya dibawah ini sesuai dengan Pendidikan Agama masing-masing.

Silabus Pendidikan Agama Islam SD 
Kurikulum 2013 Revisi 2016
  1. Silabus Pendidikan Agama Islam SD/MI Revisi 2016
  2. Silabus Pendidikan Agama Katholik SD/MI Revisi 2016
  3. Silabus Pendidikan Agama Kristen SD/MI Revisi 2016
  4. Silabus Pendidikan Agama Hindu SD/MI Revisi 2016
  5. Silabus Pendidikan Agama Budha SD/MI Revisi 2016
  6. Silabus Pendidikan Agama Konghuchu SD/MI Revisi 2016

Demikianlah dan kami ucapkan terimakasih banyak, semoga dengan adanya postingan yang kami muat mengenai Silabus Pendidikan Agama Islam SD Kurikulum 2013 Revisi 2016 dapat membantu dan mempermudah bapak ibu untuk menyusun Silabus.

Artikel Terkait

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Silabus Pendidikan Agama Islam SD Kurikulum 2013 Revisi 2016"

Post a Comment